Langkah 1: buka aplikasi ms. Office word anda melalui START MENU, seperti gambar di bawah ini :
Gambar 1, icon ms. Office word 2010
Setelah terbuka akan tampil seperti gambar dibawah ini :
Gambar 2, tampilan Ms. Office Word 2010
Langkah 2: pilih menu REFERENCES atau tekan tombol kombinasi Alt + S
Gambar 3, Menu references
Langkah 3: Lalu pilih sub menu TABLE OF CONTENTS atau tekan tombol kombinasi Alt + S + T
Gambar 4, submenu Table of contents
Langkah 4: pada submenu Table of contents pilih opsi pertama yakni “Automatic Table 1”
Gambar 5, opsi menu automatic table 1
Langkah 5: akan muncul pesan bahwa tidak ada text yang anda pilih sebagai content, klik saja tombol OK.
Gambar 6, pesan ms. Office word 2010
Secara otomatis akan muncul content seperti gambar di bawah ini :
Gambar 7, content daftar isi
Sampai disini pembuatan daftar isi hampir selesai, secara otomatis
isi dari content di atas akan terupdate ketika anda menulis judul dengan
mode Heading 1, sub judul dengan mode Heading 2 dan seterusnya,Langkah 6: buat beberapa judul, subjudul atau bab, subbab, contoh :
Tulis contoh di atas pada halaman ke dua dan edit ke style Heading sesuai posisi judul dan sub judulnya, hasilnya seperti gambar dibawah ini :
Gambar 8, hasil edit
kemudian agar isi content diatas dapat berubah sesuai apa yang anda buat bisa melalui langkah-langkah dibawah ini :Langkah 7: klik 1x area Contents
Gambar 9, area contents
Langkah 8: klik tab Update Table pada area Contents, maka secara otomatis daftar isi akan tercipta
Gambar 10, update contents
Ulangi langkah 8 jika anda ingin mengupdate isi contents, jika muncul
pesan update, pilih opsi Update Entire Table dan klik tombol OK
Gambar 11, pesan update table
Setiap terjadi perubahan maka secara otomatis isi contents tersebut akan berubah pula.Langkah 9: ganti Contents menjadi DAFTAR ISI dan atur ke posisi Center.
Sekian tutorial kali ini dan selamat mencoba.
wahh kereennn nihh gan tutorialnya kebetulan saya lagi buat makalahh dan pusing buat daftar isinya hihi makasii yah saya izin Praktekan dan copy :D salam kenal dari Cinta Teknologi
ReplyDeletemakasih info
ReplyDeletegak perlu capek ngetik secara manual
wah saya telat dong ya mas, soale kemarin baru buatin laporan project assigment adik saya secara manual :)
ReplyDeletelangsung izin serep ilmunya ya. trims :)
iya gan silahkan......
Deletebesok2 lagi kalau mau kerjakan tugas bisa pake cara ini
yang lalu buat pengalaman aja
Nice info gan.. Bermanfaat sekali.
ReplyDeletebah mantap gan, ane baru tau, thanks gan infonya :D
ReplyDeleteMantap nich . . . bisa mempercepat Proses pembuatan daftar ISI. . .
ReplyDeleteditunggu Tipsz untuk Excel