Alasan Mengapa Masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibanding angkutan Umum



Assalamu’alaikum wr.wb
Pengertian
Angkutan umum merupakan salah satu media transportasi yang digunakan masyarakat secara bersama-sama dengan membayar tarif.Sebenarnya dulu angkutan umum sangat diminati,namun sejak berlakunya sistem kredit pada dealer-dealer sepeda motor di Indonesia maka semua orang pun bisa memiliki motor dengan cara cukup mudah murah.Hal itulah yang merupakan salah satu penyebab umum angkutan umum kurang diminati.
 
Keuntungan Menggunakan Angkutan Umum
Mungkin tidak banyak yang tahu mengenai angkutan umum,kaena yang mereka pikirkan hanya kejelekan angkutan umum.Maka dari itu saya kasih tau nih!!
Lebih mudah bersosialisasi
Dengan manaiki angkutan umum,maka secara tidak langsung anda telah berkumpul dengan orang awam yang bisa-bisa menjadi teman anda.  Anda lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain dan dapat menikmati suasana baru yang lebih baik daripada menggunakan kendaraan pribadi.
Lebih Murah
Kalau dihitung dari segi biaya jelas jauh sekali,karena ibarat sebuah mobil yang didorong satu orang dengan mobil yang didorong oleh sepluh orang jelas lebih ringan yang sepuluh  orang sama halnya seperti biaya juga lebih ringan angkutan umum dibanding keandaraan pribadi bisa dibandingkan 1 : 10.Karena kendaraan umu disokong leh 10 orang sementara kendaraan pribadi ditanggung diri sendiri.
Tidak kehujanan maupun kepanasan
Hal ini hanya berlaku kepada anda yang menggunakan sepeda motor pribadi melainkan mobil pribadi,karena saat anda menggunakan motor dan terjadi hujan ataupun siang bolong yang sangat panas maka  akan langsung mengena ke kulit anda dan itu tidak berlaku pada angkutan umum  yang memiliki atap pelindung dari apapun seperti mobil.
Kekurangan Menggunakan Angkutan Umum
Alasan Mengapa Masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibanding angkota,karena beberapa hal sebagai berikut
Kurang tepat waktu
Sopir dari angkutan umum itu sendiri tidak tepat waktu seperti kadang ngelantur berangkat dari jam delapan pagi padahal para pelajar dan pekerja saat itu sudah telat kalau menunggu angkutan umum datang.Maka dai itu mereka menggunakan kendaraan pribadi sebagai jalan pintas.
Tidak Bisa berhenti sewaktu-waktu
Saat anda ingin buang air kecil ataupun BAB  mayoritas angkutan umum di Indonesia belum disediakan toilet dan anda pun  paling  tidak berani untuk memberhentikan angkutan umum tersebut karena takut yang lain marah atau lainnya hasilnya penumpang tidak nyaman dengan keadaan seperti itu.
Keamanan kurang terjaga
Masih banyaknya kasus pencabulan,perampokan,penjambretan adalah yang sangat serius.Itulah yang membuat warga trauma dengan kejadian-kejadian seperti itu dan tidak ingin mencoba naik angkutan kembali bahkan melarang anaknya untuk mencoba menaiki angkutan mesiki hanya satu kali.
Panas
Mayoritas angkutan di Indonesia masih belum ada Ac-nya tidak seperti di negara maju seperti  Jepang atau bahkan Inggris yang sudah menggunakan pendingin ruangan yang sangat nyaman
Kelayakan Angkutan Umum
Karena tidak ingin kebanyakan modal maka angkutan umum di Indonesia kurang layak seperti halnya banyak yang remnya blong,atau bahkan sopir yang sedang mabuk serta sparepart yang tidak layak namun masih digunakan yang dapat membahayakan para penumpang
Mungkin tanpa saya jelaskan pemerintah bisa mengambil jalan yang terbaik,dan semoga bisa dilaksanakan
Sekian dari saya wassalamu’alaikum wr.wb

6 Responses to "Alasan Mengapa Masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi dibanding angkutan Umum"

  1. Kendaraan umum memang jauh dari standar layak..makanya masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan pribadi..

    ReplyDelete
  2. alasannya angkutan umum kita belum siap....
    dan alasan yang paling utama adalah dibiarkannya produksi motor dan mobil secara besar besaran dan tidak ada limit umur kendaraan seperti di singapore yang hanya 5thn kalau ada kendaraan lebih dari 5thn harus di musnahkan

    ReplyDelete
  3. angkutan umum di Indonesia standarnya tidak sama dengan yg di luar negeri, gimana masyarakat mau beralih, angkutan umum aja kayak begitu, gak tepat waktu lagi..
    Thanks gan

    ReplyDelete
  4. Tergantung kitanya gan , saya rasa sih angkutan masal yg hampir sempurna krl

    ReplyDelete
  5. yang jelas kalau pakai angkutan umum itu capek pake banget, apa lagi kalau di jakarta ampun2 deh

    ReplyDelete